Sabtu, 28 Maret 2009

Loksado dan seputarnya (hulu sungai selatan-kalimantan)

1 Januari 2009 , Tahun baru kita berada di loksado...loksado bisa ditempuh melalui banjarmasin ke arah kandangan,loksado dengan jarak tempuh 4jam by angkutan umum. Kita menginap di amandit river lodge....penginapan di tepi sungai amandit ini sangat nyaman buat mencari ketenangan dan lebih dekat dengan alam.

Pagi hari di depan lodge

Amandit River Lodge

Pagi hari di tahun baru ini saya dan suami menuju loksado, tempat favorit rekreasi alam hulu sunga selatan. Tempat yang memberikan pengalaman baru dengan air terjun indah yang dibalut hutan tropika. Jam 9 pagi kita mengendarai motor sewaan menuju loksado, setelah melihat sekeliling sungai kami memutuskan membuat janji bamboo rafting untuk esok hari, dan melanjutkan perjalanan munuju air terjun haratai, menurut informasi air terjun ini dapat ditempuh dengan berjalan kaki atau dengan motor, so kami memutuskan menempuh perjalanan dengan sepeda motor....kira-kira 8km! Saya begitu antusias mencoba mengendarai sepeda motor, membonceng suami menjadi tantangan tersendiri, karena jalanan tidak mulus.....jalanan kecil dan harus melewati beberapa jembatan gantung yang lumayan tinggi....sedikit ada rasa takut, tapi saya berusaha melawan rasa takut ini....jadi jembatan gantung dan jalanan terjal dan licin saya lewati juga.

Saya di atas jembatan gantung

Dihutan tropika

Membeli batang kayu manis

Kami melewati desa yang penduduknya bercocok tanam karet , kayu manis dan kemiri. Harga kayu manis sangat murah di desa ini, hanya 6.ooo rupiah perkilo gram-nya! wah....kalo di ekspor, harga batang kayu manis sungguh melambung.Sesampai di air terjun haratai, kita mengambil beberapa photo dan langsung menuju penginapan kembali, badan terasa pegal banget, karena jalanan yang penuh tantangan.

Berenang di air terjun

Esok hari nya, jam 9pagi kami sudah bersiap-siap unutk melihat lihat kehidupan di sepanjang sungai amandit....bamboo rafting di mulai dari daerah loksado menuju penginapan kami, dengan harga 300.000 rupiah kita bisa menikmati 2jam perjalanan bamboo rafting. Banyak tanaman hutan kita lihat, juga beberapa perhau yang membawa bambbo atau kayu yang siap untuk dijual di kandangan. Beberapa burung lepas terbang di angkasa, dan kerbau hitam pun tak luput ikut berenang disungai.Menurut orang setempat kerbau disini memang terkenal sebagai perenang yang tangguh, dan banyak juga di temui di NEGARA. Setelah sampai di penginapan, kita beri istirahat siang sejenak sebelum melanjutkan perjalanan ke obyek wisata air panas tanuhi.

Bamboo Rafting

Jam 4 sore, dengan mengendarai sepeda motor kita menuju tanuhi, sangat mudah menuju daerah ini. Obyek air panas ini memiliki kolam renang air panas yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal, di areal ini juga tersedia akomodasi penginapan. Tempat ini banyak dikunjungi oleh pengunjung week end piknik. Kami hanya melihat daerah sekeliling tanpa mencoba berendam di air panas ini, tetapi kami mencoba masakan yang disediakan di warung terdekat. Murah dan sederhana saja, kita tidak bisa melihat restauran besar di daerah ini....low budget traveling bisa dilakukan disini.